Muhadjir Effendy resmi membuka O2SN Tahun 2018

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy resmi membuka O2SN Tahun 2018 di Sportorium UMY Bantul, D.I Yogyakarta. Pembukaan O2SN ditandai dengan memanah secara digital. “Saya berharap dari ajang O2SN ini dapat terlihat bibit-bibit unggul, harapannya mereka dapat menjadi penerus para atlet Indonesia di ajang Internasional,” kata Muhadjir Effendy.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMK adalah ajang unjuk prestasi tertinggi di bidang olahraga dari seluruh siswa terbaik hasil seleksi tingkat provinsi yang sekaligus untuk mencari siswa siswi terbaik tingkat nasional. Kegiatan O2SN SMK diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. O2SN SMK diselenggarakan pada tanggal 16 s.d 22 September 2018 di D.I Yogyakarta.

Tahun 2018, O2SN SMK mengadakan 5 (lima) bidang lomba tingkat nasional yang iikuti oleh 324 siswa SMK dari 34 provinsi, dengan rincian sebagai berikut; cabang olahraga karate sebanyak 65 peserta, cabang olahraga pencak silat sebanyak 68 peserta, cabang olahraga bulu tangkis
sebanyak 66 peserta, cabang olahraga atletik sebanyak 66 peserta dan cabang olahraga renang 59 peserta, dengan jumlah pembimbing sebanyak 165 orang.

“Aktualisasi Potensi, Bakat dan Prestasi Siswa” dipilih menjadi tema O2SN tahun ini. Tidak hanya pertandingan, O2SN SMK juga menghadirkan banyak kegiatan lainnya seperti pameran hasil karya siswa pada tanggal 17 September 2018 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan tanggal 18 s.d 20 September 2108 di Hotel Grand Keisha dan Hotel Indoluxe. Promosi UKS SMK di Hotel Grand Keisha dan Hotel Indoluxe, pojok literasi SMK di SMKN 2 Depok Sleman, workshop penguatan pendidikan karakter dengan tema “Anti Radikalisme dan Terorisme” oleh Ir. Sutisna dari NII Crisis Center dan AKBP Fajarini, SH, SIK dari Kasubdit binpolmas Ditbinmas Polda DIY serta workshop isu kesehatan remaja dengan tema “Ciptakan Kesehatan dengan Gaya Hidup Sehat” oleh Ade Rai dari praktisi gaya hidup sehat di SMKN 2 Depok Sleman dan kunjungan persahabatan dengan permainan tradisional seperti egrang estafet, gobak sodor, jamuran, balap karung dan bentengan di SMKN 2 Depok Sleman.